Perbedaan Membersihkan Sofa Kain & Sofa Kulit Sintetis

Biasanya sofa kulit sintetis menggunakan bahan oskar. Sofa kulit oskar ini memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu memiliki beberapa desain yang baik dan berbagai macam warna yang menarik. Sedangkan ada juga sofa yang memiliki keunggulan tersendiri, yaitu sofa kain.

Sofa kain sering dipilih karena tidak mudah kotor, jika dibandingkan dengan sofa kulit sintetis. Jika berbicara sofa kulit sintetis dan sofa kain, anda pasti ingin mengetahui bagaimana cara membersihkannya. Membersihkan sofa secara rutin adalah hal yang dapat membuat sofa anda menjadi awet. Anda hanya perlu merawat sofa anda dengan baik dan teratur. Berikut adalah cara membersihkan sofa kulit sintetis dan kain.

Sofa Kulit Sintetis

Merawat sofa kulit sebenarnya tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu bahan bahan alami yang biasanya sudah tersedia di dapur rumah anda. Sofa kulit sintetis biasanya cenderung kedap air dan tahan terhadap sinar matahari. Membersihkan sofa kulit sintetis dapat dilakukan dengan menggunakan bahan larutan cuka. Langkah langkahnya yaitu:

  • Anda harus membersihkan sofa terlebih dahulu dengan menggunakan lap kering.
  • Jika sofa anda terkena dengan noda yang cukup membandel atau tidak bisa dihilangkan menggunakan lap, berikan larutan cuka.
  • Campurkan larutan cuka dengan air. Perbandingan air dan cuka kira kira 5:1.
  • Setelah itu dicampurkan, celupkan lap kering dan peras.
  • Gosokkan lap tersebut ke bagian sofa yang bernoda.
  • Kemudian keringkan dengan lap bersih.
  • Yang terakhir, jika sudah kering, oleskan biopolish leather care. Supaya lembab dan lembut.

Baca juga: Jasa Desain Interior Cafe

Sofa Berbahan Kain

Untuk sofa berbahan kain tidak ada metode pembersihan yang pasti. Anda harus mencoba beberapa cara terlebih dahulu, agar mengetahui cara membersihkannya. Atau anda bisa membaca perawatan pada labelnya. Disini saya juga memberikan beberapa tips membersihkan sofa kain untuk anda. Singkirkan Debu dan Kotoran Sebelum anda menggunakan sebuah pembersih sofa, pastikan anda sudah membersihkan kotoran dan debu yang ada di seluruh permukaan sofa anda.

Cara membersihkannya bisa menggunakan sikat berbulu halus, kemoceng, atau mesin penghisap. Tangani Bercak-bercak Kotoran Cara menangani bercak-bercak gunakan tisu basah atau kain microfiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap sofa yang terdapat noda tersebut. Jika anda menggunakan bahan pembersih, sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu ke bagian yang kecil sebelum ke seluruh permukaan sofa.

Baca juga: Desain Interior Rumah

Bersihkan Seluruh Permukaanya Pakailah kain microfiber untuk membersihkan seluruh permukaan sofa. Celup kain microfiber ke dalam detergen. Diamkan beberapa waktu agar detergen mampu menghilangkan noda yang ada di sofa. Anda harus ingat, sebelum anda mengelap sofa, pastikan kain microfiber sudah diperas.

Keringkan sofa yang sudah dibersihkan. Kebanyakan orang mengeringkan sofa menggunakan pengering rambut, agar cepat kering. Namun membiarkan sofa kering secara alami adalah cara terbaik.

0/5 (0 Reviews)